Skip to content

ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN

23 September 2010

ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN
VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN

Menurut survey penulis, dari beberapa guru tentang kelengkapan administrasi guru, standart Penilaianlah yang merupakan Standart yang cukup merepotkan. Apalagi bila kita lakukan dengan manual, terutama dalam hal Analisis Butir Soal nya. Alhasil masih sangat banyak para rekan guru yang administrasinya tidak dilengkapi dengan Analisis Butir Soal.

Sebagai tenaga yang professional, sudah seharusnyalah kita melengkapi segala kelengkapan administrasi guru, apalagi kesejahteraan guru sudah mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dengan adanya guru sertifikasi.

Dalam kesempatan ini penulis akan mencoba memperkenalkan suatu program aplikasi Exel yang khusus digunakan untuk pemenuhan Standart Penilaian yang selama ini dianggap para guru adalah suatu pekerjaan yang sangat merepotkan.

Program ini saya beri nama “ Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan”, yang mana program ini terselesaikan berkat dukungan dan motivasi Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, Bapak Epen Damanik, S.Pd dan para teman guru semua.

Program aplikasi ini mempunyai beberapa kepraktisan, yaitu :

1. Tidak perlu penginstalan, karena program ini menggunakan aplikasi Exel 2003 yang umumnya rekan guru telah banyak mengetahui pengoperasiannya.

2. Meminimalisasi pengisian data test. Data test tidak perlu diketikkan, hanya ada 3 item yang perlu kita ketik, yaitu : KKM, No SK/KD dan Nama Test, untuk data test yang lain kita hanya tinggal memilih saja dengan cara mengklik data yang tersedia di dalam list.

3. Pengisian data test sangat mudah, karena diikuti dengan pesan petunjuk.

4. Untuk nama siswa, kita tidak perlu mengetiknya satu persatu ataupun mengcopy paste, kita klik saja kelasnya otomatis nama siswa akan muncul.

5. Untuk mengisi nama guru pengajar, kita tinggal pilih saja, secara otomatis NIP akan muncul yang diikuti juga pada sheet lainnya, jadi kita cukup mengklik satu kali saja.

6. Pengisian hasil perolehan test siswa sangat jelas, karena kolomnya telah tersedia dan diikuti dengan petunjuk.

7. Untuk melihat jumlah kelas atas dan bawah, kita cukup melihat pada sheet Data 2, disini saya menggunakan 25% dari jumlah peserta test.

8. Setelah kita selesai menginput data, maka secara otomatis nilai akan muncul, diikuti dengan siswa yang masuk daftar remedial.

9. Daftar siswa yang Remedial akan muncul secara otomatis pada sheet Remedial.

10. Untuk status soal akan muncul secara otomatis setelah kita memasukkan kelas atas dan bawah pada sheet Data 2.

11. Analisis Soal akan dilengkapi dengan Indeks Tingkat Kesukaran dan Indeks Daya Pembeda, juga didefinisikan secara otomatis tentang status soal (mudah, sedang, sukar, diterima, ditolak, diperbaiki ).

12. Nama guru tidak diketik secara berulang-ulang ( cukup klik satu kali saja pada sheet Umum ).

13. Semua sheet telah di atur menggunakan kertas F4 yang umum kita gunakan, sehingga kita tidak perlu mengedit margin dan ukuran kertas lagi.

Itulah sedikit gambaran tentang program aplikasi saya, yang semua dirancang untuk digunakan semudah mungkin oleh para rekan guru semua.

Sekarang saya akan mengulas sedikit tentang setiap sheet dari program aplikasi ini.

1. Sheet Umum.

Ini adalah sheet data test. Pada sheet inilah kita mengisi data seperti : Tahun Pelajaran, Semester, Mata Pelajaran, Kelas, KKM, SK/KD, Nama Test, Nama Guru ( pengetikan hanya pada sel : KKM, No. SK/KD dan Nama Test ). Sel yang lain tinggal pilih saja pada list yang tersedia.

Gbr. Sheet Umum

2. Sheet Data 1.

Ini adalah sheet data mentah perolehan test siswa. Sebelum mengisi data perolehan siswa, terlebih dahulu kita mengisi skor maksimum dan minimum dari setiap soal. Secara otomatis jumlah skor maksimum dari seluruh soal akan terisi. Kemudian ketiklah skala nilai yang kita inginkan ( 10 atau 100 ). Jika kita selesai mengisi, maka kolom Jumlah Skor, Nilai Ujian dan Ranking akan terisi secara otomatis. Setelah sheet ini selesai kita isi secara keseluruhan, sheet nilai ujian sudah tampak hasilnya.

Gbr. Sheet Data 1

3. Sheet Copy Rank.

Ini adalah sheet untuk meranking siswa. Caranya : Copylah sheet data 1, kemudian pastekan di sheet Copy Rank, setelah itu klik data, klik sortir, klik OK, maka otomatis data akan terurut berdasarkan Ranking. Data ranking ini berfungsi untuk menentukan kelompok atas dan bawah.

Gbr. Sheet Copy Rank

4. Sheet Data 2.

Sheet ini merupakan sheet kelompok atas dan bawah. Untuk melihat jumlah atas dan bawah klik sheet Data 2, lihatlah 25% dari jumlah test. Kemudian copylah data dari sheet copy rank ( nama dan perolehan skor nya saja ), kemudian pastekan sesuai dengan kolom yang disediakan ( atas pada kelompok atas dan bawah pada kelompaok bawah ).

Gbr. Tabel Kelompok Atas Gbr.Tabel Kelompok Bawah

5. Sheet Proses.

Sheet ini menampilkan proses dari data 1 dan data 2. Sheet ini akan terisi secara otomatis, jadi kita tidak perlu melakukan pengisian apapun pada sheet ini.

Gbr. Sheet Proses

6. Sheet Hasil Analisis.

Sheet ini menampilkan hasil analisis butir soal. Sheet ini membaca sheet proses. Dalam sheet ini ditampilkan Indeks Tingkat Kesukaran dan Indeks Daya Pembeda lengkap dengan definisi status soal (apakah soal mudah, sukar, sedang, diterima, ditolak, diperbaiki). Dalam sheet ini kita tidak perlu melakukan pengetikan apapun, semua data akan terisi secara otomatis.

Gbr. Sheet Hasil Analisis

7. Sheet Nilai.

Sheet ini membaca sheet Data 1. Sheet ini menampilkan nilai siswa lengkap dengan jumlah skor, nilai, ranking dan hasil ketercapaian siswa ( apakah tercapai, tidak tercapai atau terlampaui ). Pada akhir table juga terdata lengkap hal-hal yang menyangkut nilai dari seluruh peserta test. Pada sheet ini kita tidak perlu melakukan pengetikan apapun. Semua data terisi secara otomatis.

Gbr. Sheet Nilai

8. Sheet Remedial.

Sheet ini membaca sheet Nilai. Siswa yang belum mencapai nilai KKM ( tidak tercapai ) secara otomatis masuk ke sheet ini. Dalam sheet ini kita cukup mengisi hasil ujian remedial siswa saja. Tidak ada pengisian yang lain. Nilai Rata-rata dalam sheet ini harus lebih besar dari KKM agar siswa dinyatakan lulus remedial, namun nilai yang tertulis adalah nilai KKM.

Gbr. Sheet Remedial

9. Sheet Kartu Soal.

Sheet ini adalah lembaran untuk mengisikan soal-soal yang diterima. Kita cukup melihat hasil analisis. Sheet ini sudah diatur sedemikian rupa di dalam size kertas F4 yang umum kita gunakan, jadi kita tinggal print saja.

Gbr. Kartu Soal

Jika telah selesai semua, simpanlah lembar kerja kita. Klik save atau tekan Ctrl + S, lalu tutup. Untuk membuat penilaian yang baru, kita cukup mencopy file yang tadi, dengan cara klik kanan tahan, geser mouse ke bawah, lepas, kemudian klik copy here, file akan tercopy. File yang baru ditandai dengan nama file copy, kemudian beri nama baru ( rename ) dengan cara klik kanan pada file, lalu klik rename. Ketiklah sesuai keinginan kita. Pada saat merename usahakan agar .xls pada akhir nama file jangan terhapus, kalau sudah terhapus ketik ulanglah .xls hal ini agar icon file menjadi icon exel. Buka file yang baru, lalu isikan data yang baru.

Itulah sedikit uraian setiap sheet tentang Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan. Sebenarnya masih ada beberapa program yang lain yang berbasis ICT yang dimiliki SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, misalnya : Program Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda,Program Aplikasi Analisis Butir Soal Campuran ( Pilihan Ganda dan Uraian ), Daftar Legger beserta Raport Bulanan, Kartu Perpustakaan, Simulasi Kelulusan Ujian Nasional 2010, Program Try Out UN 2010, yang kesemuanya diolah dalam program Exel 2003 agar mudah dipahami.

Bagi rekan guru dan pembaca, dapat mengunjungi situs :
1. http://www.smpn4dp.wordpress.com
2. wwwharianto-harianto.blogspot.com

di alamat tersebut Bapak/Ibu serta pembaca semua dapat juga mendownload master analisis tersebut.

Penulis juga membuka pintu informasi selebar-lebarnya bagi rekan guru semua, termasuk kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan program aplikasi ini.

Bagi rekan guru dan pembaca yang ingin mengirimkan kritik, saran atau bagi sekolah yang tertarik dengan program aplikasi ini, silahkan konfirmasi langsung ke SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, Contact Person :

1. Bapak Epen Damanik, S.Pd ( Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081361115383

2. Harianto, S.Pd ( Guru SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081396662780

Mudah – mudahan Program Aplikasi ini dapat membantu dan menambah wawasan bagi pembaca dan para guru semua, khususnya para guru di kabupaten Simalungun.

Sampai jumpa lagi pada Program Aplikasi ICT SMP Negeri 4 Dolok Panribuan yang berikutnya.

“Salam Pendidikan”

Sekilas Tentang Profil Penulis

Nama : HARIANTO, S.Pd
NIP. : 19790327 200604 1 006
Jurusan : Pend. Fisika Unimed 1998
Alamat : Kp. Baru Balimbingan, Kec. Tanah Jawa
Hp. : 081396662780
Email : harianto7910@yahoo.co.id
Website : http://www.harianto7910.wordpress.com
: http://wwwharianto-harianto.blogspot.com
Status : Lajang
Motivator : “Pembodohan diri sendiri “adalah disaat Anda berkata “ Saya sudah terlalu tua untuk belajar”

Download File Master Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan :

Klik di sini

Download Video Tuturial Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian di :

Klik di sini

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: