Lanjut ke konten

RAPORT BULANAN VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN

24 Oktober 2010

RAPORT BULANAN VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN

Salam jumpa kembali di aplikasi ICT versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.

Kali ini saya mencoba mengulas tentang Program Aplikasi Pengolahan Raport Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.

OK deh, langsung saja.

Program Aplikasi Pengolahan Raport ini di rancang menggunakan Aplikasi Exel 2003, yang bertujuan agar semua guru dapat menggunakannya dengan mudah. Aplikasi ini terdiri dari 3 sheet, namun sheet dihilangkan dan diganti dengan Hyperlink halaman, yang bertujuan agar lebih mempermudah penggunaannya.

Aplikasi ini memiliki kepraktisan, antara lain :

1. Tidak perlu penginstalan
2. Penggunaannya sangat mudah, tidak ribet.
3. Seluruh data menggunakan data list, sehingga kita cukup klik saja, tidak perlu mengetik atau mengcopy data, seperti data siswa, data guru, mata pelajaran, tahun pelajaran, bulan pembagian raport, laporan tiap siswa, terkecuali pada KKM dan Nilai Siswa.
4. Daftar Legger dilengkapi dengan nilai kognitif dan ekstra sekolah ataupun pengembangan diri dan absensi siswa setiap satu bulan.
5. Daftar Legger juga dilengkapi dengan deskripsi tingkat ketercapaian siswa. ( Tercapai, Tidak Tercapai, Terlampaui )

Nah itulah sedikit gambaran tentang aplikasi raport ini.

Sekarang kita menuju setiap halaman dari aplikasi raport ini.

1. Halaman 1.

Halaman ini merupakan halaman COVER raport.
Pada halaman ini kita tidak perlu mengetik apapun, karena halaman ini membaca halaman Legger.
Halaman ini berisi tentang nama sekolah dan data siswa secara individu.


Gambar Halaman 1

2. Halaman 2.

Halaman ini memuat daftar nilai perolehan siswa selama 1 bulan. Halaman ini membaca Halaman Legger.
Pada Halaman ini kita cukup mengisi Bulan dengan cara megklik pada list dan mengetik KKM dari setiap Mata Pelajaran.
Halaman ini juga dilengkapi dengan Ranking, Nilai Pengembangan Diri dan Absensi siswa selama satu bulan. Nilai juga dilengkapi dengan deskripsi ketercapaian siswa. Deskripsi Tidak Tercapai akan berwarna merah.


Gambar Halaman 2.

3. Halaman Legger

Halaman ini merupakan daftar rekapitulasi atau kumpulan nilai seluruh siswa untuk seluruh mata pelajaran. Pada halaman ini kita tidak melakukan pengetikan pada header, kita cukup klik saja pada list yang tersedia. Pada saat kita mengklik kelas, otomatis nama siswa dan NIS akan muncul. Pada saat kita klik nama guru, NIP otomatis muncul yang diikuti dengan perubahan pada halaman 1 dan halaman 2.

Kita cukup mengetik nilai perolehan tiap-tiap siswa untuk setiap mata pelajaran, dan nilai pengembangan diri beserta absensi siswa selama satu bulan.

Halaman ini telah diseting pada ukuran kertas F4. Untuk mengeprint butuh 4 lembar kertas F4.


Gambar Halaman Legger lembaran 1


Gambar Halaman Legger lembaran 2


Gambar Halaman Legger lembaran 3


Gambar Halaman Legger lembaran 4

Nah itu lah gambaran tentang aplikasi raport bulanan ini. Tentunya aplikasi ini terselesaiakan berkat informasi dari MBAH GOOGLE, yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu. Kepada Mbah GOOGLE saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Kepada rekan guru dan para pembaca sekalian saya menunggu kritik dan saran agar aplikasi ini dapat lebih sempurna lagi tentunya.

Para rekan guru juga dapat mendownload aplikasi ini untuk dipelajari terlebih dahulu. Alamat download berada pada bagian akhir artikel ini.

Semoga Bermanfaat bagi rekan Guru semua,….

Sampai jumpa lagi di aplikasi berikutnya,……..

“SALAM PENDIDIKAN”

Wassalam……….

Download Aplikasi Raport Bulanan :

Download

33 Komentar leave one →
  1. 28 Oktober 2010 14:50

    Salam hangat.
    Teruskan berkreasi pak. Tapi program excelnya jangan di pasword ya….. biar semua bisa memanfaatkan.
    Kaltim

    • 29 Oktober 2010 15:16

      Salam hangat kembali Pak,….. hehehehe,……
      Bapak Subhan,….TQ ya,….. salut buat Bapak,…. Di protek biar Rumusnya aman Pak,… hehehe,…..
      Mudah2an Guru yg download seperti Bapak semua,….

  2. widhie_yat permalink
    14 Desember 2010 05:53

    punten …….numpang ngunduh mas…………………, terus berkarya …..!!!

  3. made suardana permalink
    21 Desember 2010 20:26

    mas har, programnya bagus & bermanfaat bagi guru tapi klo bisa jangan diprotek. tolong dong dikirimi passwordnya supaya mdh editnya pleaseeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • 22 Desember 2010 18:01

      Pak Made,….. emang di protek,..untuk melindungi rumusnya.
      Atau klo Bapak mau, kirim saja data sekolah Bapak ke email saya,….
      jangan takut Pak,..tidak begitu komersil,….
      sms pasti saya balas,…..
      Ni email saya : harianto7910@yahoo.co.id

      Trim’s…..

  4. itokamaru permalink
    25 Desember 2010 20:00

    saluut !!
    sebuah program luar biasa pak……..mungkin akan lbh berguna lagi jika format XL-nya dibuat OS/open source shg akan banyak orang yang terus menyempurnakan kreasi bpk.

    • 25 Desember 2010 23:38

      Trima kasih Pak Itokamaru,…….
      Itulah gunanya share, agar penyempurnaan berkelanjutan,…….
      Mudah2an rekan2 dapat menyempurnakannya lagi, agar lebih mudah digunakan,…

      Sukses buat Pak Itokamaru,……..

  5. nuryadi permalink
    9 Januari 2011 15:42

    luar biasa, seharusnya gak usah di pasword dan justru beri cara buatnya biar bisa dimodifikasi atau dilengkapi oleh yang lain PAK, ….. Trus buat apa sy dah downlod kalu gak bisa saya gunakan atau pakai di sekolahan saya!!!????????. TRIIIMs

    • by asa permalink
      22 Mei 2011 13:58

      jangan marah2 dulu, sabar: ikuti saran ane:
      1. sesuai petunjuk yg buat, krim alamat email, atau
      2. buka pake software pembobol password, atau
      3. hilangkan protek secara manual, buka file nya dg open office… selamat mencoba

  6. 9 Januari 2011 16:55

    Pak Nuryadi Yth : Ilmu yg didapatkan dengan penuh perjuangan akan lebih berkesan bagi kita,…..
    Password apapun bisa dijebol Pak,……
    Klo gak mau berkorban dikit, Usaha Pak, jangan kayak ember, cuma nuggu datangnya air hujan,…..

    Tapi trima ksih la Pak, uda coment,…..

  7. Ananto W permalink
    22 Januari 2011 13:51

    Sangat bagus pak. Maaf mau nanya gimana menghilangkan sheet untuk hyperlinknya biar gak nampak di daftar sheet.

    • 23 Januari 2011 14:57

      Pak Ananto,….
      Klo saya gak salah tafsir……..
      Bapak klik tools, klik option, pada bagian paling bawah,
      yaitu pada windows optionnya bisa Bpak hilangkan tanda cek list nya…..
      Perhatikan perubahannya……

      Trims,….

  8. trima kasih pak, ini sangat membantu, pi gimana cara downloadnya.. tims permalink
    22 Februari 2011 20:55

    teruskan berkreasi,trima kasih pak, ini sangat membantu, pi gimana cara downloadnya, dan mohon dikirimin paswordnya biar kami bisa …. hehe trims

  9. 3 Maret 2011 12:26

    pak cara buka paswordnya gmna, maap pak saya baru sebatas belajar komputer dan akhirnya dengan susah payah saya menemukan blog yang sebagus ini, atas jawabanya saya ucapkan banyak terimakasih, tolong kirim ke alamat e-mail saya ya pak, majidnur87@gmail.com

  10. Jack Caswani permalink
    25 Maret 2011 18:06

    Saya sangat berminat untuk menggunakannya di sekolah saya. Bisakah Bapak mengirimkan ke e mail saya? Alamat email saya: jack_nevata@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya. Teruslah berkreasi, Pak.

  11. Dian permalink
    3 Mei 2011 04:46

    Bapak Harianto mantab..maaf klo boleh tau cara buka paswordnya gmna, punten pak saya baru sebatas belajar komputer yg susah payah saya menemukan blog yang sebagus ini, atas jawabanya saya ucapkan banyak terimakasih, tolong kirim ke alamat e-mail saya ya pak, dhianh@ymail.com
    terima kasih banyak..terus maju

  12. 11 Mei 2011 09:24

    Bagi rekan2 guru yg tertarik, cukup sms saja nama sekolah Bpk/Ibu sekalin,… nti saya kirim lewat email Bpk/Ibu sekalian,…

    Data sekolah Bpk/Ibu sendiri yg edit,..kolom sudah saya sediakan,..

    Trims,…

  13. Montessori permalink
    17 September 2011 16:16

    Pak harianto, softwarenya mantap banget tp sayangnya dipasang password. tolong dong kasih passwordnya. kalau bapak berkenan berbaik hati tuk memberitau passwordnya, saya ucapkan banyak terimah kasih. ini email saya: montes.sr@gmail.com

  14. HB. Sudjoko permalink
    25 Oktober 2011 21:00

    Pak Harianto, saya sangat tertarik dengan software Bapak, mohon ijin untuk mengunduh nya dan menggunakanya di sekolah kami. ini alamat email saya hb.sudjoko@gmaiil.com. matur nuwun

    • 13 November 2011 21:22

      Bagi Bapak Ibu yang tertarik, cukup sms saja nama sekolah dan emailcukup sms saja nama sekolah Bapak,… Nti saya kirim,…

  15. M. Syaif permalink
    28 Oktober 2011 15:08

    Pak Har, sy dar Papua, jika bapak mengizinkan kami akan menggunakan program bapak, kami sangat membutuhkan program ini, bila bapak berkenan mohon kirim ke alamat email saya…
    syaifpapua@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

  16. 6 November 2011 21:13

    software bapak sangat membantu kami dalam melaksanakan tugas kami disekolah,mohon info dari bapak,terima kasih sebelumnya.semoga ilmu yg bapak berikan mendapat ganjaran kebaikan .amien.email saya.yandri.awang70@gmail.com

  17. agin permalink
    30 November 2011 20:13

    Pak Har, jika berkenan tolong kami juga dikirim program yang Bapak buat untuk kami gunakan di sekolah kami. Terima kasih sebelumnya.

    • 30 November 2011 20:51

      Baik Bu,.. cukup sms aja nama sekolah dan emailIbu, nti saya kirim Bu,… Tirms,..

  18. 5 Desember 2011 08:33

    GOOD GOOD !

  19. 14 Januari 2012 21:14

    Salam pendidikan..,
    Maaf dengan tidak mengrangi rasa hormat, saya mengirimkan e-mail ini ke Bpk/Ibu/Sdr. S
    Sebelumnya perkenalkan diri saya :
    Nama : Setiyo Pamungkas
    Pekerjaan : Guru TIK SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA
    Alamat Rumah : Kaliwanglu, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
    No Hp. 081328328047
    e-mail : setiyo_pamungkas@yahoo.com
    blog : http://tiyopams.wordpress.com
    Saya mempunyai produk yang hampir mirip
    1. Khusus jenjang SMP (tidak menutup kemungkinan juga bisa membuat yang jenjang pendidikan lainnya)
    2. DIbuat dengan APLIKASI DATABASE VISUAL FOXPRO VERSI 8
    3. Produk saya mengkhususkan diri untuk
    – PENERIMAAN SISWA BARU
    – Cetak siswa diterima berdasarkan ranking, berdasarkan jenis kelamin, cetak lengkap biodata calon siswa.
    – DISTRIBUSI KELAS
    – ENTRI DATA NILAI RAPOT , MULOK, PENGEMBANGAN DIRI, KEPRIBADIAN DAN ABSENSI
    – Cetak rapot per kelas
    – cetak rapot pararel kelas
    – cetak ledger
    – cetak presensi
    4. Sangat mudah dalam penggunaan dan bersifat JARINGAN LOKAL (LAN)

  20. 25 Januari 2012 11:03

    kunjungi blog saya untu melihat aplikasi RAPORT http://tiyopams.wordpress.com

Tinggalkan komentar